Inilah Alasan Menghapus Fitur FaceSwap dari FaceApp

Dilansir dari Make Pixel Perfect inilah kenapa gak ada lagi fitur faceswap di faceapp😆.

Aplikasi Wajah adalah salah satu alat pengeditan wajah terbaik untuk editor Foto. Ini telah mendapatkan popularitas sebagai aplikasi pengeditan gambar wajah AI teratas, yang dikenal karena teknologi canggihnya yang menciptakan efek selfie yang mengesankan, termasuk penuaan dan pertukaran wajah yang disetujui selebriti.

(Fitur Tukar Wajah belum tersedia sejak Mei 2023 karena alasan yang dijelaskan di bawah).

Fitur Face Swap di FaceApp memungkinkan pengguna menggabungkan fitur wajah mereka dengan wajah orang lain, seringkali selebriti. Transformasi perubahan gender di FaceApp telah menarik perhatian komunitas transgender dan LGBT karena kemampuannya dalam mensimulasikan penampilan seseorang sebagai lawan jenis secara realistis.

Namun, mulai Mei 2023, FaceApp Technology Limited telah memutuskan untuk menghapus opsi Tukar Wajah.

FaceApp memutuskan untuk menghapus fitur pertukaran wajah dari aplikasinya karena kekhawatiran potensi penyalahgunaannya. Fitur khusus ini memungkinkan pengguna untuk menukar wajah mereka dengan wajah orang lain di foto, sehingga menimbulkan risiko pembuatan konten berbahaya seperti deepfake .

Alasan menghapus Fitur FaceSwap dari FaceApp - MakePixelPerfect

Orang-orang juga mengkritik FaceApp atas cara mereka menangani privasi. Mereka mengumpulkan data pengguna untuk iklan. Namun menanggapi kritik tersebut, FaceApp mengubah kebijakan privasinya dan berjanji tidak akan mengumpulkan data pengenalan wajah dari pengguna.

Terkait pengenalan kembali fitur pertukaran wajah, FaceApp belum membeberkan rencana pastinya. Namun, mengingat potensi risiko yang terkait dengan penyalahgunaannya, kemungkinan besar fitur tersebut akan tetap tidak tersedia di masa mendatang.

Orang-orang mempunyai kekhawatiran tentang fitur pertukaran wajah:

  1. Hal ini dapat berupa deepfake, yaitu video atau rekaman palsu yang membuat seolah-olah seseorang melakukan atau mengatakan sesuatu yang sebenarnya tidak dilakukannya. Deepfake dapat digunakan untuk menyebarkan kebohongan atau merusak reputasi seseorang .
  2. Itu bisa digunakan untuk melakukan hal-hal yang menyinggung atau menyakitkan. Misalnya, seseorang dapat menukar wajahnya dengan wajah orang terkenal untuk membuat gambar palsu yang dimaksudkan untuk menghina atau menyakiti seseorang .
  3. Itu bisa melanggar privasi seseorang. Misalnya, seseorang dapat bertukar wajah dengan orang lain tanpa izin, sehingga membuat gambar yang memalukan atau memalukan.

Karena kekhawatiran tersebut, FaceApp memutuskan untuk menghilangkan fitur pertukaran wajah. Mereka mengatakan bahwa mereka peduli terhadap perlindungan privasi pengguna dan akan terus memikirkan bagaimana fitur mereka dapat disalahgunakan di masa depan.

Nah, buat yg penasaran sama contoh "penyalahgunaanya' tunggu posting selanjutnya.😎

Komentar